Pentingnya Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

Masa penantian buah hati akan selalu menjadi kenangan bagi pasangan suami istri, terutama istri yang mengandung selama sembilan bulan. Pada masa kehamilan, kebutuhan vitamin pada ibu hamil harus selalu tercukupi, karena kebutuhan akan vitamin akan menjadi dua kali lipat lebih besar. Hal ini disebabkan oleh janin dalam kandungan yang juga sangat memerlukan Vitamin dalam perkembangannya.

Mengapa ibu hamil harus selalu terpenuhi nutrisi dan vitaminnya? Hal ini disebabkan karena tumbuh kembang janin akan sangat bergantung pada kebutuhan nutrisi dan vitamin pada ibu hamil. Jika nutrisi dan vitamin ibu hami telah terpenuhi, maka janin akan berkembang dengan baik dan sempurna. Contoh nutrisi yang harus dicukupi oleh ibu hamil adalah asupan protein, lemak, vitamin, karbohidrat, hingga mineral. Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil salah satunya adalah vitamin D.

vitamin apps download

Mirisnya lebih dari 60 % ibu hamil mengalami kekurangan vitamin D. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya tentang manfaat vitamin D sebagai booster bagi kalsium yang berada di usus, ibu hamil yang kekurangan vitamin D akan sangat membahayakan janin yang dikandungnya. Vitamin D ini tidak hanya bisa didapatkan dari makanan, namun juga dapat diperoleh dari paparan sinar matahari pagi yang sangat baik untuk meningkatkan dan mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Ibu hamil disarankan untuk berjemur setiap hari sebelum pukul sembilan pagi selama 10-15 menit. Sebelum berjemur, ibu hamil tetap harus menggunakan sun protection untuk melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain dengan berjemur, suplemen vitamin D akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh ibu hamil. Suplemen ini biasanya secara langsung akan ditulis sebagai resep bulanan oleh dokter kandungan pada saat kontrol kandungan setiap bulannya. Meski vitamin D ini dapat diperoleh di apotek secara bebas, namun alangkah lebih baiknya jika sesuai dengan anjuran resep dokter.

Khasiat Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

Dengan mengkonsumsi vitamin D secara rajin, terdapat banyak khasiat bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya, beberapa khasiat tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Dengan menerima asupan vitamin D yang cukup, hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin selama masa kehamilan. Jika sistem imunitas tubuh ibu dan janin sudah terbentuk dengan baik, maka ibu dan janin akan terhindar dari risiko paparan virus dan bakteri penyakit.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi Ibu serta Janin

Kesehatan tulang dan gigi akan sangat ditentukan dengan asupan Vitamin D, fosfor, dan kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperoleh asupan vitamin D, fosfor, dan kalsium harian yang cukup.

  1. Mencegah Terjadinya Kekurangan Berat Badan pada Bayi

Banyaknya bayi yang terlahir dengan berat badan kurang merupakan salah satu akibat dari kurangnya asupan vitamin D yang masuk dalam tubuh ibu hamil. Dengan terjadinya kekurangan berat badan pada bayi baru lahir ini, akan meningkatkan gangguan napas pada bayi, diabetes tipe dua, penyakit ginjal, dan penyakit jantung ketika anak nantinya memasuki usia dewasa.

  1. Mengurangi Risiko Terjadinya Diabetes Gestasional

Kekurangan vitamin D juga menyebakan terjadinya diabetes gestasional pada janin. Diabetes gestasional inilah yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan sangat berlebih. 

  1. Mengurangi Risiko Terjadinya Preeklampsia

Preeklampsia sangat mungkin terjadi apabila kebutuhan vitamin D tidak dipenuhi secara maksimal pada proses kehamilan. Lebih mengerikan lagi, faktanya di Indonesia, preeklampsia menduduki ranking kedua penyebab kematian ibu hamil.

  1. Menurunkan Risiko Vaginosis Bakterialis

Vitamin D juga berfungsi untuk menurunkan risiko dari infeksi vaginosis bakterialis yang biasanya sering dialami ibu hamil. Infeksi vaginosis bakterialis inilah yang menyebabkan banyak ibu hamil mengalami kelahiran secara prematur karena pecahnya ketuban yang terlalu dini.

Ibu hamil memiliki kebutuhan harian vitamin D yang cukup banyak, yakni sebesar 15 mikogram yang setara dengan 600 IU. Jumlah ini merupakan jumlah berdasakan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Itulah pentingnya vitamin D bagi kesehatan ibu hamil dan janin, apabila masih ada pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat vitamin D bagi ibu hamil dan janin, Kamudapat berkonsultasi langsung dengan menggunakan fitur vitamin apps download di Klikdokter.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *